GUI
(Graphical User Interface) merupakan antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah kepada para penggunanya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.
>Sejarah singkat GUI
>Sejarah singkat GUI
Pada awal diciptakannya, komputer
dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor
menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua program ataupun
perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem informasi. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengoprasikan komputer.Oleh karena
itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat
digunakan oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah
diingat.
Akhirnya lahirlah yang
disebut dengan GUI atau graphical User Interface. GUI adalah seperangkat
aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lainnya
yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna
komputer menjadi lebih mudah mengoperasikan sebuah perangkat dari pada
mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando
tertentu. Hal ini didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar
dibanding tulisan. GUI pertama kali digunakan dalam komputer yang
diproduksi oleh Apple yakni Machintosh dengan Steve Jobs sebagai
penggagasnya. Namun belakangan sistem operasi lain mengikutinya, seperti
misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya yang menjadi tren setter
penggunaan start menu dan taskbar di bawah.
Bagaimana Penggunaan GUI pada saat ini?
Penggunaan Graphical User Interface juga
diterapkan pada beberapa jenis usaha yang spesifik. Sebagai contoh
adalah ATM milik bank. Meskipun berbasis teks, namun sudah dianggap semi
GUI karena pengguna tidak perlu mengetikkan perintah untuk mentransfer
uang. Anda hanya perlu menekan tombol yang sejajar dengan menu yang ada.
Bahkan saat ini mesin ATM bank sudah banyak yang dilengkapi dengan
layar sentuh
Kelebihan dan Kekurangan GUI
Kelebihan GUI :
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.
Kekurangan GUI :
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.
Contoh Elemen GUI pada Iphone
Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat ini GUI sudah diterapkan pada Iphone. Banyak iphone canggih yang multiuser dan sudah menerapkan Konsep GUI. \seperti gambar di samping.
Bagaimana Merancang GUI yang Baik
Desain diterjemahkan sebagai seni
terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah
kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata
kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan
menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut
hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana,
proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi
visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan
seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis
diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya,
disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Pemodelan adalah membentuk suatu
benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat
seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan
dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek
bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini
sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Prinsip Desain Grafis
1.Metaphor (Metafora)
1.Metaphor (Metafora)
Metaphor atau metafora adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah
objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan
presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan.
Metafora akan membuat para pengunjung seolah-olah berada di tempat yang
sebenarnya, atau bisa dikatakan juga bahwa metafora dibuat mirip seperti
tempat yang dikunjungi. Contohnya, website suatu toko online yang
memiliki metafora, dimana pengunjung dibawa ke tempat seolah-olah mereka
benar ada di toko online tersebut.
2.Clarity (Kejelasan)
Harus ada alasan yang kuat/masuk akal dan jelas mengapa menggunakan
setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat,contohnya
dalam peletakan suatu button,pembuat harus memiliki alasan mengapa
diletakkan di tempat tersebut. Penggunaan elemen yang lebih sedikit akan
lebih baik.
3.Consistency (Ketetapan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography (model
form yang digunakan pada suatu website), teks, dll. Harus ada
konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada
metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.
4. Alignment (Perataan)
Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada
umumnya suatu teks pada website dimulai dari kiri atas (left alignment),
dimana left alignment akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan
dengan lebih mudah. Selain itu dengan menggunakan bantuan garis akan
membantu dalam hal perataan. Sembunyikan garis horizontal dan vertical
untuk membantu mengalokasikan komponen window/jendela. Garis juga
membantu menghubungkan hal-hal yang berhubungan dan memudahkan
perataannya.
5. Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan
karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara
item-item tersebut.
6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Keserasian tampilan akan membuat pengunjung web tertarik pada web tsb.
Kontras juga dapat memandu mata pengunjung untuk melihat keseluruhan
interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau
untuk memperkuat suatu interface. Kontras digunakan untuk membedakan
aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling
utama. Item yang paling utama diberi highlight. Dengan mempergunakan
geometri dapat membantu pengurutan. Kontras juga mendukung skimming
secara cepat.
Pembuatan User Interface
Digunakan untuk mempermudah User dalam mengakomodasikan bentuk deeesain kedalam sebuah gambar,tulisan dsb.
Teknik Koding
Digunakan sepintas lalu dan baik digunakan untuk menarik perhatian. Digunakan dengan mengabaikan penggunaan vidio, baik membuat sesuatu menjadi solid.
Tipography (Tipografi) merupakan karakter atau simbol yang dalam penggunaannya mudah diliat dan dibedakan misalnya menghindari penggunaan upper-case (huruf besar) pada setiap huruf pengetikan naskah. Dimana penggunaan campuran huruf kecil dan besar dapat mempercepat proses membaca.
GUI Masa Depan
Salah satu GUI masa depan adalah penggunaan navigasi 3D. Pemakaian komputer Vision, sensor dan digital processing menuju ke bentuk virtual reality.
0 komentar:
Posting Komentar