Kamis, 10 Desember 2015

Konsep GUI

02.02 Posted by fila Dita Ardila No comments
Graphical User Interface



GUI (Graphical User Interface) merupakan antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah kepada para penggunanya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.

>Sejarah singkat GUI 
Pada awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua program ataupun perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem informasi. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengoprasikan komputer.Oleh karena itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat.
Akhirnya lahirlah yang disebut dengan GUI atau graphical User Interface. GUI adalah seperangkat aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah mengoperasikan sebuah perangkat dari pada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibanding tulisan. GUI pertama kali digunakan dalam komputer yang diproduksi oleh Apple yakni Machintosh dengan Steve Jobs sebagai penggagasnya. Namun belakangan sistem operasi lain mengikutinya, seperti misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya yang menjadi tren setter penggunaan start menu dan taskbar di bawah.
Bagaimana Penggunaan GUI pada saat ini?
Penggunaan Graphical User Interface juga diterapkan pada beberapa jenis usaha yang spesifik. Sebagai contoh adalah ATM milik bank. Meskipun berbasis teks, namun sudah dianggap semi GUI karena pengguna tidak perlu mengetikkan perintah untuk mentransfer uang. Anda hanya perlu menekan tombol yang sejajar dengan menu yang ada. Bahkan saat ini mesin ATM bank sudah banyak yang dilengkapi dengan layar sentuh
Kelebihan dan Kekurangan GUI
Kelebihan GUI :
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.
Kekurangan GUI :
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.


Contoh Elemen GUI pada Iphone

Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat ini GUI sudah diterapkan pada Iphone. Banyak iphone canggih yang multiuser dan sudah menerapkan Konsep GUI. \seperti gambar di samping.

Bagaimana Merancang GUI yang Baik 
Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Prinsip Desain Grafis
1.Metaphor (Metafora)
Metaphor atau metafora adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Metafora akan membuat para pengunjung seolah-olah berada di tempat yang sebenarnya, atau bisa dikatakan juga bahwa metafora dibuat mirip seperti tempat yang dikunjungi. Contohnya, website suatu toko online yang memiliki metafora, dimana pengunjung dibawa ke tempat seolah-olah mereka benar ada di toko online tersebut.
2.Clarity (Kejelasan)
Harus ada alasan yang kuat/masuk akal dan jelas mengapa menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat,contohnya dalam peletakan suatu button,pembuat harus memiliki alasan mengapa diletakkan di tempat tersebut. Penggunaan elemen yang lebih sedikit akan lebih baik.

3.Consistency (Ketetapan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography (model form yang digunakan pada suatu website), teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.

4. Alignment (Perataan)
Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya suatu teks pada website dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Selain itu dengan menggunakan bantuan garis akan membantu dalam hal perataan. Sembunyikan garis horizontal dan vertical untuk membantu mengalokasikan komponen window/jendela. Garis juga membantu menghubungkan hal-hal yang berhubungan dan memudahkan perataannya.
5. Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara item-item tersebut.

6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Keserasian tampilan akan membuat pengunjung web tertarik pada web tsb. Kontras juga dapat memandu mata pengunjung untuk melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Kontras digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Dengan mempergunakan geometri dapat membantu pengurutan. Kontras juga mendukung skimming secara cepat.
Pembuatan User Interface
Digunakan untuk mempermudah User dalam mengakomodasikan bentuk deeesain kedalam sebuah gambar,tulisan dsb.
Teknik Koding 
Digunakan sepintas lalu dan baik digunakan untuk menarik perhatian. Digunakan dengan mengabaikan penggunaan vidio, baik membuat sesuatu menjadi solid.
Tipography (Tipografi) merupakan karakter atau simbol yang dalam penggunaannya mudah diliat dan dibedakan misalnya menghindari penggunaan upper-case (huruf besar) pada setiap huruf pengetikan naskah. Dimana penggunaan campuran huruf kecil dan besar dapat mempercepat proses membaca.
GUI Masa Depan
Salah satu GUI masa depan adalah penggunaan navigasi 3D. Pemakaian komputer Vision, sensor dan digital processing menuju ke bentuk virtual reality.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Vidio post

Berikut ini ada beberapa vidio Teknologi masa depan dan GUI masa depan.


Vidio ini bercerita tentang Komputer Sains Masa Depan Generasi ke-5, yaitu kecerdikan buatan masa depan yang bisa kita lihat bagaimana hubungan komputer dengan manusia.Ada beberapa orang yang mengatakan " Jika Teknologi masa depan seperti itu, mungkin semua hal menjadi praktis dan mudah untuk dilakukan, tetapi kita lihat segi negatifnya, manusia akan menjadi malas karena dimanjakan oleh teknologi yang canggih. tetapi kita juga pasti tidak akan mau ketinggalan oleh jaman teknologi yang serba maju. maka dari itu kita harus liat segi positif dan segi negatif dari teknologi supaya tidak di salah gunakan.

Vidio ini merupakan vidio GUI yang berkembang saat ini. Vidio ini yaitu Vidio Scariest Gave Ever yang mana isinya tentang game Horor masa kini yang sekarang sudah banya dimainkan gamers. Dari vidio ini bisa kita lihat bagaimana game inin dimainkan. cukup menggunakan alat sudah bisa membawa kita seperti benar benar berada dalam game ini dan merasakan susasana horor dalam game ini. keren kaan..!!!

Vidio ini tentang Robot tercanggih di dunia yang sudah diciptakan manusia. yang mana robot-robot tersebut sudah mampu membantu manusia. Robot robot ini juga diciptakan dengan harapan dapat membantu pekerjaan manusia.

Nah vidio ini bercerita tentang Sepeda motor cerdik masa depan.

Vidio ini tentang Mobil canggih yang merupaan teknologi masa depan dunia. Mobil ini benar benar memanjakan kita. Dengan tidak harus menyetir manual sudah dapat otomatis dijalankan. Keren kan..!!!